Sabtu, 08 Januari 2011

Cara Bermain Playstation 1 dan Playstation 2 di PC

Nah, saya mau berbagi kesenangan dengan pembaca sekalian. kebetulan temen - temen sedang seneng main PS1. Bagi para followers yang mau main game PS1 di komputer atau laptop bisa memakai emulator. Bermain ps1 di pc tidak terlalu banyak makan memory, aplikasi ini sangat ringan dan tidak perlu di instal. Aplikasi ini disebut dengan emulator ps1, jenis emulator terbaik untuk ps1 menurut saya yaitu PSX1 V1.13, karena tidak perlu lagi menggunakan plugin. Untuk dapat menggunakan emulator ini, kamu harus menyiapkan file biosnya, maka emulator dapat berjalan dengan tampilan pertama seperti kita bermain di ps1 seperti biasa

Di sini saya ingin memberikan referensi tentang setingan terbaik untuk emulator PS1. Yang dibutuhkan:
1. Emulator PSX v1.1.3. + Bios PS1
Kalian dapat mendownloadnya di sini sudah termasuk biosnya juga tinggal extract dan main. Nih saya kasih bios PS1nya yang latest version dan diperkirakan akan meningkatkan tingkat proses emulasi menjadi terbaik. Download Programnya DISINI
2. yang pasti CD PS1nya.
3. Nero CD Tools atau sejenisnya. Alternatifnya bisa dengan CDBurnerXP atau juga bisa gunain daemon atau power iso. Yang penting bisa untuk buat cd image dan dibuat virtual cd image juga. Enaknya sih game dari CD sudah di bikin iso/image CD. biar loadingnya cepet dan CD drivenya awet.
Ini untuk buat file image. File image itu artinya file satu CD dikompres dan disimpan ke dalam harddisk. Dapat disimpan sebagai file ISO atau NRG atau juga bin. Jadi nggak bikin rusak CD atau DVD.
4. Game Pad. alias stick Biar makin extrim. klo gak punya juga gak apa - apa. gak dipaksa untuk beli. Karena pakek keyboard juga bisa. Nah gimana cara maennya???? gampang saya kasih preview sedikit cara mainnya
1. extrack dulu hasil download kmu tadi. lalu buka file psxfin.exe nanti muncul kayak gini


2. Terus gimana kok gak keluar gamenya??? Ya siapkan dulu gamenya masukan cdnya lalu buat CD imagenya. Setelah itu kita load gamenya Misalnya disini game megaman


Nah jadi deh… untuk setingan laennya bisa dikonfigurasi di File>Configuration
Lalu Persayaratannya minimal apa ja??
Yah seperti game2 emulator mini laennya Persyaratan pada PC Yaitu
Minimal pentium 3
OS WindowXP / Linux/ Ubuntu
VGA 16 mb
Joystiek 2 buah (keyboard juga gak pa2)
Memory 256 mb
Hardisk Minimal 5 Gb untuk menyimpan beberapa file2 Image CD gamenya
Oke Deh Selamat mencoba… Have nice Games………!
=========================UPDATE UNTUK EMULATOR PS 2===============

Pernahkah anda berpikir untuk memainkan game Playstation2 favorit anda di PC? Atau apakah anda tidk berniat membeli konsole PS2 tapi punya komputer dan ingin mencoba memainkannya di komputer anda??
Ya,seperti yang anda ketahui, komputer di desain untuk dapat melakukan berbagai peran device tertentu seperti vcd/dvd, mp3, recorder, dll tentu tidak mustahil untuk digunakan sebagai alat untuk memainkan game ps2. Pertanyaan nya sekarang adalah bagaimana caranya??
Bagi anda penggemar PS2, mungkin ini adalah cara yang praktis untuk memanfaatkan komputer anda untuk bermain PS2.karena disini kita hanya perlu satu aplikasi untuk bisa menjalankan nya (PCSX2 Emulator). Kenapa saya memilih pcsx2??? Yah karena bagiku emulator ini cara ngejalaninnya mudah alias gampang banget tinggal extrack and main. Gampang kan???? :)
pada aplikasi ini memang diperlukan spek komputer yang tinggi.agar game yang anda jalankan bisa berjalan lancar, Lho mana downloadtan PCSX2 nya??? oke deh aku kasih linknya + biosnya secara gratis.......Enak kan…aplikasi nya anda bisa diunduh di link samping. DOWNLOAD PCSX2 + BIOS FULL
berikut saya jelaskan cara penggunaannya :
1. ekstrak dahulu file yang telah anda download tadi, kemudian buka aplikasinya pcsx2.exe atau kalo gak bisa pcsx2t.exe (non VM version).
2. setelah itu klik config dan klik configure.
3. selanjutnya akan muncul menu configuration,,di sini anda harus meng set plugins directorynya.plugins itu pun sudah tersedia dalam folder yang anda ekstrak tadi.
4 .kemudian anda juga harus meng set bios directory,bios itu pun juga sudah tersedia dalam folder yang anda ekstrak tadi.
5. jika sudah,sekarang langsung klik OK.
6. sekarang tinggal masukkan DVD PS2,selanjutnya tinggal pilih menu RUN DVD.
Kalau gak mau run dari DVD juga bisa.... Caranya tinggal buat Image DVDnya lalu disimpen deh di hardisk jadi gak perlu repot2 masukin DVD nya (lebih awet Gitu dVD kita)..

Berikut adalah spesifikasi komputer yang dapat memainkan game ps2 dengan baik
Processor : intel pentium dual core atau diatasnya
RAM : minimal 1GB (untuk XP) , 2GB (untk Vista)
VGA :min 256MB (Nvidia/ATI Radeon)
Motherboard n Bios harus ada feature:
MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, SSE4.1 Klo Gak ada salah satu Maka emulator akan ngadat2
Sebenarnya dengan pentium4 ,RAM512 ,VGA128 sudah dapat dimainkan tetapi saya pernah mencobanya di PC lama dan hasilnya sich agak mengecewakan yaitu kadang videonya ngadat2 Tapi masih bisa dibuat main.
 ============TAMBAHAN dari Saya: Masalah Memory Card PS1===============
1. Buka psx tanpa load game, trus buka file dan config. Pilih tab memory cards. Nanti di slot 1 ada tanda , pilih dan setelah terbuka ketik nama memori yg mau di buat, ex : dan ok maka file nya berformat (.bin). Setelah itu exit psxnya. Begitu juga untuk slot 2 tapi dengan nama memory card yg berbeda.
open psx-config->memory cards->…->memoriku->ok->tutup psx
2. Sekarang buka psx tanpa load game, tunggu sampai muncul tampilan memory card dan cd player. Pilih memory card agar file yang kita buat td dibaca oleh sistem psx. setelah terbuka maka tutup lagi (pilih exit).
3. Yang terakhir, buka game yg mau dimainkan dan pilih reset agar sistem diulang dr pertama.
Semoga membantu teman2.
sekian dulu yah, nanti kalau mau request atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, Nanti Insya Allah akan aku jawab..... Thanks. Always share with each other….

2 komentar:

The Cowboy 100 boy mengatakan...

ni baru informasinya bagus

The Cowboy 100 boy mengatakan...

kok gak bisa yg ps2nya,,,

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger